DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI IBU KE-92, TIM PENGGERAK PKK KECAMATAN RUPAT MENGGELAR RAPID TEST GRATIS

Dalam rangka memperingati hari ibu ke-92, Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan Rupat menggelar rapid test gratis bagi kalangan kaum perempuan Se-Kecamatan Rupat di Aula Lantai I Kantor Camat Rupat. Senin, 21 Desember 2020

Ketua TP PKK Kecamatan Rupat, Karmila mengatakan bahwa rapid tes dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka deteksi dini penularan Covid-19, mengingat sampai saat ini pandemi virus Corona belum usai jadi perlu adanya tindakan pencegahan.

“Bagi ibu – ibu yang tidak terpapar virus, diharapkan tetap menjaga kesehatannya, lindungi diri dengan cara 3M, memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir”. Ungkap Karmila

“Apabila ada di antara kita ada yang reaktif, maka akan ada test lanjutan yaitu swab test. Kami harapkan bagi yang reaktif melaksanakan karantina mandiri sambil menunggu hasil swabnya, jaga daya imun tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, gunakan masker dan jaga jaraknya  agar seanak saudara tidak terpapar”. Lanjutnya

Bagi ibu – ibu yang mengalami gejala seperti batuk, pilek, demam atau sesak nafas segera periksa ke pelayanan kesehatan terdekat agar segera diatasi. Terang Ketua PKK Kecamatan Rupat.

Ka. UPT Puskesmas Batu Panjang, dr. Dahlia menyampaikan bahwa kegiatan ini guna mendeteksi  sejauh mana tingkat kesehatan masyarakat terhadap penyebaran virus covid 19.

“ Rapid test ini tidak untuk menyembuhkan dari penyakit virus corona, namun guna mendeteksi dini apakah kita terpapar virus corona atau tidak. Hasil dari rapid test ini juga tidak bisa dijadikan pedoman, apabila kita reaktif belum tentu kita positif covid, perlu melakukan sweb test guna memastikan hasilnya.” Terang dr. Dahlia saat menyampaikan sambutannya”.

Usai sambutan dari Ketua TP PKK Kecamatan Rupat dan Ka. UPT Puskesmas Batu Panjang, kegiatan rapid test dilakukan oleh staf kesehatan secara bergiliran.

 

Tulis Komentar