Kecamatan Rupat Kini Sudah Miliki Pasar Harian

BATUPANJANG-Geliat perekonomian Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis,Riau diharapkan semakin meningkat dan tumbuh seiring mulai beroperasinya  Pasar Tradisional Masyarakat(PTM)"Mbah Muktar", yang terletak di Jalan Pemuda, Dusun Kampung Jawa, Kelurahan Batupanjang, Kecamatan Rupat, mulai Kamis(2/11/2017).


Peresmian pasar ditandai dengan digelarnya acara syukuran yang juga  dihadiri pengelola Pasar PTM, Mujimin S.Pd, serta  sejumlah pemuka  masyarakat setempat. keberhasilan warga setempat membangun pasar harian ini membuktikan adanya sinergi dan kekompakan antara pemerintah bersama masyarakat di Kecamatan Rupat. Anggaran untuk pembangunan pasar tersebut, berasal dari swadaya masyarakat dan kemudahan pengembang Pasar PTM Mbah Muktar,Kelurahan Batupanjang.


"Ini baru langkah awal, dengan membangun sebanyak 18 los yang bakal ditempati oleh para pedagang  yang berasal dari masyarakat lokal.Ke depan, akan dikembangkan lagi untuk  menampung pedagang dari luar Pulau Rupat.Sehingga simpul-simpul ekonomi setempat, akan terbuka untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Pengelola Pasar PTM Mbah Muktar,Mujimin S.Pd, kepada media ini,usai acara peresmian pasar PTM Mbah Muktar, Kamis pagi(2/11/2017)


Mujimin menambahkan, pasar PTM merupakan inisiatif lokal yang punya kekuatan mengerakkan ekonomi masyarakat sebagai pilar utama penyangga stabilitas ekonomi daerah.


"Kondisi ekonomi yang belum stabil ini, memerlukan inisiatif lokal masyarakat sesuai dengan potensi yang dimiliki," katanya.


Mujimin yang sehari hari menjabat Kasie Pelayanan Umumdi kantor Camat Rupatitu juga  juga berpesan, agar fasilitas yang telah ada dirawat dan dijaga dengan baik. Termasuk kebersihan lingkungan pasar yang menjadi tanggung jawab bersama. Sementara fasilitas yang belum ada, ke depannya akan dilengkapi demi kenyamanan pedagang dan pembeli.


"Semoga para pedagang bisa mendapatkan banyak untung, jualannya laris. Yang kami inginkan adalah pedagang bisa mencari nafkah dengan nyaman, sehingga geliat ekonomi terangkat," ujarnya.


Menurut Mujimin, kehadiran Pasar PTM Mbah Muktar sebagai pasar harian  tidak hanya memudahkan warga Rupat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pasar PTM memiliki banyak fungsi dalam menggairahkan ekonomi masyarakat Kecamatan Rupat diantaranya: tempat memasarkan hasil kebun dan pertanian warga setempat, menciptakan lapangan kerja.Oleh karenanya sambung Mujimin, masyaraakat diharapkan ikut mendukung dalam memajukan pasar tersebut, tutupnya.(SR/Uta, SorotRiau.com)

Tulis Komentar