Sosialisasi Puskesos – SLRT dan Bimtek Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kecamatan Rupat

Pangkalan Pinang-Sekretaris Kecamatan Rupat Rudi Zuhelvis, SH menghadiri acara Bimtek Aplikasi Puskesos – SLRT dan Bimtek Verifikasi dan Validasi data terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kabupaten Bengkalis tahun 2023 di Kecamatan Rupat. 

Kegiatan pada pagi ini merupakan kegiatan gabungan diantara dua Kecamatan Yaitu Kecamatan Rupat dan Kecamatan Rupat Utara yang dibuka oleh Plt.Kelapa Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis H. Hambali, S.Pd.I yang diselenggarakan di aula pertemuan Desa Pangkalan Pinang pukul 08.00 wib s/d selesai.(Selasa, 18/07/23). 

Pusat kesejahteraan sosial merupakan amanat dari Pemensos nomor 20 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan kesejahteraan sosial bagi masyarakat miskin dan tidak mampu, yang melibatkan unsur pemerintah rendah yaitu Desa/Kelurahan dengan harapan agar penyelenggaraan keejahteraan sosial dapat berjalan dengan tercapainya pelayanan yang berkualitas, komprehensif dan partisipatif. 

Dalam hal ini Sekcam Rupat sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan Bimtek ini, untuk itu

 “Kami berharap kepada para peserta yang mengikuti Bimtek Aplikasi Puskesos – SLRT dan Bimtek Verifikasi dan Validasi data terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) agar dapat meberikan pertnyaan dan masukan kepada narasumber yang telah disediakan,” Ucap Sekcam Rupat. 

Dalam sambutan Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengakalis H. Hambali, S.pd.i menyampaikan Puskesos-SLRT ini juga merupakan program unggulan Bupati Bengkalis Ibu Kasmarni, S.Sos., MMP dalam penanganan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Bengkalis.

Telah dibentuk Puskesos seluruh desa/kelurahan se Kabupaten Bengkalis. Untuk masyarakat didesa /kelurahan yang memiliki permasalahan sosial yang memerlukan pelayanan atau rujukan hanya cukup datang ke Puskesos. Maka layanan terkait perlindungan sosial akan segera ditanggapi dan diberikan solusi. 

“Adapun berbagai bentuk layanan sosial lainnya juga di permudah Puskesos, seperti pendataan, pengaduan dan rujukan terkait Program Kelurga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan bantuan lainnya” ungkap Plt.KADIS Sosial H.Hambali.

Turut Hadir Dinas Sosial Provisi Riau, Plt. Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis, narasumber dari diskominfo Riau, Kepala Desa Pangkalan Pinang beserta perangkat Desa, serta para peserta dan tamu undangan Kecamatan Rupat dan Rupat Utara.

Tulis Komentar