Pembinaan Pokjanal Posyandu di Kecamatan dan Desa Se- Kabupaten Bengkalis Tahun 2019 di Kecamatan Rupat

Batu Panjang – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bengkalis menggelar Pembinaan Pokjanal Posyandu Untuk Kecamatan dan Desa Se- Kabupaten Bengkalis di Kecamatan Rupat pada hari Kamis, 25 Juli 2019 bertempat di Aula Kantor Camat Rupat.

Peserta yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut adalah Pokja IV TP. PKK Kecamatan Rupat, Para Medis di UPT. Puskesmas Kecamatan Rupat, Para Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Tokoh Masyarakat di Kecamatan Rupat.

Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut, Kabid Dinas PMD Kabupaten Bengkalis, Elmirizal, SH, Kasi PMD Kecamatan Rupat, Agafri, SE, Kabid Kesehatan Masyarakat, Imam Subhi, SKM, Dari Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Bengkalis, Drs. Ahmad Mahmudi, dan Fadli, S.Sos dari Pokja IV TP. PKK Kabupaten Bengkalis.

Selain itu Kepala UPT beserta Lurah dan Kepala desa se-Kecamatan rupat juga turut hadir dalam kegiatan pembinaan Pokjanal Posyandu tersebut.  

Sebagaimana yang diketahui bahwa Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat. Dan Kelompok kerja Operasional atau yang biasa disebut Pokjanal Posyandu ini merupakan kelompok kerja yang tugas dan fungsingya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan/pengelolaan posyandu itu sendiri.

Fadli, S.Sos mengatakan bahwa posyandu bukan hanya mengurus masalah kesehatan saja atau hanya untuk menurukan angka kematian ibu dan anak, namun posyandu harus jadi kendaraan bagi program-program lainnya dalam hal mensejahrterakan msyarakat.

Dengan begini maka dipandang perlu untuk melakukan pembinaan terhadap Kelompok kerja Operasional posyandu untuk melakukan pengawasan terkait kegaiatan posyandu tersebut agar berjalan sesuai dengan yang diharapakan.

Tulis Komentar