Camat Rupat Hadiri Acara Lokakarya Perencanaan Desa/Kelurahan Provinsi Riau

Batu Panjang - Kemarin Selasa 09 Juli 2019, Camat Rupat (Hanafi,S.PI.,M.SI) hadiri acara lokakarya perencanaan Desa/Kelurahan Provinsi Riau. Acara yang diadakan oleh Badan Restorasi Gambut melalui Deputi 3 Edukasi Sosialisasi Partisipasi dan Kemitraan ini dilaksanakan di kelurahan terkul kecamatan rupat.

Turut hadir dalam acara tersebut Ibu Deputi Edukasi Sosialisasi Partisipasi Kemitraan Badan Restiorasi Gambut yaitu Dr. Mirna Safitri, Kasupokja Peningkatan Partisipasi Desa Peduli Gambut, Moh. Yusuf, Kabid dari Dinas PMD Kab. Begkalis, Elmi Rizal, Balitbang Pertanian Kab. Bengkalis, Anis, Fasilitator Desa Peduli Gambut, Pejabat kelurahan Terkul dan Kelurahan Pergam, beserta tokoh-tokoh masyarakat dari setiap kelurahan.

Deputi 3, Dr. Mirna Safitri mengawali dengan memberikan arahan dan pembukaan terkait Lokakarya Perencanaan Desa/Kelurahan dan terkait Program Badan Restorasi Gambut bahwa Riau adalah salah satu provinsi yang menjadi target Restorasi selain Jambi, Sumsel, Kalbar, Kalteng, Kalsel, dan Papua.

Restorasi ini dilakukan karena karhutla dilahan gambut makin marak terjadi sehingga perlu diadakan upaya restorasi. Dalam upaya ini Deputi 3 juga mengajak pemerintah kelurahan dan masyarakat berpartisipasi dalam berbagai program Desa Peduli Gambut yang didamping oleh para fasilitator desa, salah satunya dengan memasukkan upaya restorasi ke dalam peraturan desa atau perencanaan kelurahan bahkan kecamatan.

Kemudian pembahasan lebih dalam tentang Desa Peduli Gambut dengan segala outputnya disampaikan oleh Kasupokja Peningkatan Partisipasi DPG, bahwa dalam DPG ada berbagai program yang bisa mendukung tercapainya DPG seperti sekolah Lapang, Pelatihan Paralegal, Pelatihan Bumdes, dan lain sebagainya.

Arah pembangunan kedepan mengarah dalam bentuk kawasan pedesaan juga di paparkan oleh Dinas PMD Kabupaten Bengkalis bahwa adanya DPG (Terkul, Pergam, Sukarjo Mesim, Sri Tanjung, dan Teluk Lecah) di Kecamatan Rupat akan dijadikan salah satu contoh Pembangunan kawasan Pedesaan yang akan diberikan dukungan penuh oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Dalam upaya mengelola lahan gambut untuk pertanian, dari Balitbang Pertanian Kabupaten Bengkalis menyampaikan teknologi pertanian yang diharapkan solutif dalam upaya pengembangan pertanian di lahan gambut.

Acara Lokakarya Perencanaan Desa Provinsi Riau ini sebelumnya juga telah dilaksanakan di Desa Sri Tanjung pada hari Senin tanggal 08 Juli 2019 lalu.

Camat rupat, Hanafi.,S.PI.,M.SI berharap melalui ini pemerintah bersama masyarakat bisa menjalankan upaya restorasi gambut ini dengan sebaik-baiknya demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat rupat khususnya. Karena sebagai mana diketahui bahwa sebagian besar lahan yang ada dirupat ini merupakan lahan gambut.

Tulis Komentar