Serah Terima Mahasiswa/i KKN UIN SUSKA Riau Di Kecamatan Rupat Tahun 2019

Batu Panjang – Selasa, 09 Juli 2019 rombongan Mahasiswa dan Mahasiswi KKN UIN SUSKA Riau Tahun 2019 tiba di kecamatan rupat. Kedatangan mereka di sambut oleh Camat Rupat yang dalam hal ini diwakili oleh Sekcam Rupat (Ahmad Tarmizi, S.Ag.,M.IP). Camat Rupat tidak dapat hadir dalam kesempatan ini dikarenakan sedang mengikuti acara lokakarya di kelurahan terkul.

Rombongan mahasiswa dan mahasiswi ini di antar oleh Dosen Pembimbing Lapangannya (Drs. Cipto Hadi, M.Pd).

“Dalam kesempatan ini Saya mewakili UIN SUSKA Riau untuk menyerahkan mahasiswa dan mahasiswi kami ke kecamatan rupat. Jumlah keseluruhannya untuk di kecamatan rupat ini adalah 64 orang dari 3793 mahasiswa dan mahasiswi kami. Dan dari 64 itu menurut informasi yang saya terima tadi ditempatkan di 4 kelurahan kemudian di 2 desa yang ada di wilayah kecamatan rupat.” Ujar Dosen Pembimbing.

“Perlu saya tegaskan bahwasanya ditahun ini berbeda dari tahun tahun sebelumnya, kalau ditahun sebelumnya tema KNN nya bertema mesjid. Untuk di tahun ini tema yang diangkat UIN SUSKA Riau adalah Penguatan Literasi Informasi Untuk Masyarakat Cerdas Bermedia Sosial.  Walaupun temanya kearah media sosial namun tidak lepas pula dengan kompeten inti dari setiap mahasiswa sesuai dengan bidangnya masing-masing“ Lanjutnya.

Sekcam rupat menyambut baik kedatangan mahasiswa dan mahasiswi UIN SUSKA Riau tersebut. Melalui KKN ini sekcam rupat berharap bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat di kecamatan rupat.

“Apa-apa yang ingin dilakukan diluar dari kegiatan atau program KKN seperti ingin jalan-jalan ke pantai atau kemanapun nantinya selama masa KKN saya sangat menyaranakan untuk koordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah setempat, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan.” Ujar Sekcam.

“Jaga nama baik lembaga kita. Jika ada potensi diri yang lain seperti bakat menari, mengaji, atau yang lainnya bisa dikembangkan dan berbagi dengan masyarakat atau adik-adik di kelurahan atau didesa. Manfaatkan waktu itu dengan sebaik-baiknya untuk meninggalkan kesan yang baik bagi masyarakat rupat ini.” Lanjut sekcam rupat.

Menurut penjelasan dari dosen pembimbing, mahasiswa dan mahasiswi KKN UIN SUSKA Riau ini akan melaksanakan kegiatan KKN ini selama 50 hari terhitung dari tanggal 08 Juli 2019 sampai dengan tanggal 30 Agustus 2019 mendatang.

“selama 50 hari ini mohon yang pertama pelajari tentang norma-norma kehidupan masyarakat yang ada disekitar dan jaga sikap dan perilaku yang mencerminkan perbedaan antara UIN dengan mahasiswa yang lainnya. dan kemudian jangan ada pergesekan atau pertengkaran fisik antar posko satu dengan yang lain atau dengan perguruan tinggi lain. Luruskan niat mengamalkan ilmu dibangku kuliah untuk dipraktekkan dimasyarakat.” Jelas dosen Pembimbing.

Sebelum menutup sambutannya, dosen pembimbing dari UIN SUSKA Riau tersebut menyerahkan secara resmi rombongan mahasiswa dan mahasiswi KKN UIN SUSKA Riau kepada Camat Rupat.

“Harapan saya semoga bapak camat, dan jajarannya, dan juga bapak lurah termasuk bapak kades yang ada berkenan membimbing dan mengarahkan anak-anak kami. ” Ujar dosen pembimbing.

Tulis Komentar