Camat Rupat Meninjau Lokasi Kebakaran Lahan di Desa Teluk Lecah

Teluk Lecah - Rabu, 30 Januari 2019 tepatnya pukul 10.30 WIB telah terjadi kebakaran lahan di desa Teluk Lecah Kecamatan Rupat tepatnya di Jl. Parit Akit ujung. Petugas pemadam kebakaran yang mengetahui hal tersebut langsung terjun kelokasi titik api untuk melakukan pemadaman. 

Tekait kebakaran lahan ini membuat camat rupat (Hanafi S.Pi.,M.Si) terjun langsung untuk ikut meninjau proses pemadaman api tersebut. Lahan yang terbakar bekisar lebih kurang 20 hektar, sedangkan pemilik lahannya sendiri belum dapat diketahui.

Kondisi lahan yang berbatasan dengan desa teluk lecah dan desa parit kebumen tersebut merupakan lahan kebun warga yang ditamani karet dan sawit. sebagian besar lahan itu terdiri dari lahan belukar dan gambut.

Adapun petugas pemadam kebakaran yang turut terjun langsung kelokasi titik api adalah Personil Polsek Rupat sebanyak 4 orang, Petugas BPBD 6 orang, Petugas Damkar 6 orang, MPA (Masyarakjat Peduli Api) 4 orang, Petugas Damkar PT. SRL 3 orang, dan perangkat desa parit kebumen dan desa teluk lecah sebanyak 15 orang.

Tindakan yang dilakukan saat pemadaman berupa upaya penyemprotan terhadap lahan yang terbakar dan yang masih mengeluarkan asap. Petugas menggunakan alat pemadam berupat Mini striker milik PT. SRL selang 7 gulung, mesin semprot robin sebanyak 2 unit beserta 8 gulung selang milik Damkar, dan 2 unit mesin robin beserta selang milik desa parit kebumen.

Menurut keterangan warga sekitar, asal mula kebakarn lahan tersebut telah terjadi pada hari minggu tanggal 27 januari 2019 lalu, tepatnya pukul 19.00 pada saat warga pulang dari kebun.

Berdasarkan keterangan petugas, kondisi terakhir saat ini sebagain api sudah bisa dipadamkan dan sekarang sedang dilaksanakan proses pendinginan.

Tulis Komentar