TIM EKK PROVINSI RIAU NILAI KINERJA PEMERINTAHAN KECAMATAN RUPAT TAHUN 2017

Tahun ini, Pemerintah Kecamatan Rupat di bawah kepe­mimpinan Hanafi SPI,M.Si  mewakili Kabupaten Bengkalis tingkat Provinsi Riau sebagai kecamatan kinerja terbaik. Atas prestasi nya, Tim Penilai dari Pemprov Riau, Rabu(25/10), melakukan peni­laian terhadap penyelenggaran pemerintahan di wilayah kecamatan tersebut.

 

Ketua Tim Penilai Kinerja Kecamatan Prof,DR Rayunir Rauf, didam­pingi anggota lainnya mendatangi Kantor Camat Rupat, di Batupan­jang. Sejumlah pegawai di Pemerintah Kecamatan Rupat diwawacar­ainya terkait penilaian kinerja pemerintahan kecamatan itu.

 

Kedatangan tim disambut Asisten 1 Setdakab Bengkalis, Hj Umi Kalsum, Camat Rupat, Hanafi SPI,M.Si, Kapolsek Rupat, yang diwa­kili Kanit Intel Polsek Rupat, Sumiadi, Danramil 05 Rupat/Rupat Utara, Kapten Inf M Adhar, para Lurah dan Kepala Desa dari 4 Kelurahan dan 12 desa yang ada di Kecamatan Rupat. 

 

Turutserta menyambut ketibaan tim penilai EKK dari provinsi Riau di Kecamatan Rupat kemarin Ketua TP-PKK Kecamatan Rupat, Syarifah Ade Lily Khairani Hanafi, beserta pengurus PKK dari 12 desa dan 4 kelurahan di Kecamatan Rupat, para kepala Unit Pembantu Teknis(UPT) dari sejumlah instansi yang ada di Kecamatan Rupat, kepala KUA Kecamatan Rupat, serta tokoh adat, tokoh pemuda, serta ratusan pemuka masyarakat setempat 

 

"Alhamdulillah, Kecamatan Rupat mewakili Kabupaten Bengkalis pada evaluasi kinerja kecamatan (EKK) tingkat Provinsi Riau tahun ini," kata Bupati Bengkalis, yang diwakili Asisten 1 Setdakab Bengkalis, Hj Umi Kalsum, kepada media ini di sela penilaian.

 

Salahsatu  yang menjadi penilaian EKK ini adalah aktifnya pemer­intah Kecamatan Rupat dalam melayani masyarakat dan didukung dengan fasilitas lainnya. Disamping kuantitas pelayanan, kualitas dalam melaksanakan roda pemerintahan dan pembangunan juga menda­pat penilaian. "Semoga untuk tingkat provinsi, kita bisa memper­sembahkan yang terbaik,"harap Asisten 1 Setdakab Bengkalis yang akrab disapa Ibu Umi itu lagi

 

Menurutnya, selain Ketua tim juga ada sejumlah unsur ditingkat provinsi diantaranya dari Perguruan Tinggi, Bappeda, Karo Tapem .Dalam kunjungan itu, Camat Rupat, Hanafi SPI,M.Si melakukan ekspos tentang program dan kebijakan selama ini.

 

Usai melakukan ekspos, tim juga melakukan wawancara langsung dengan camat, sekretaris camat (sekcam), kepala seksi (kasi) dilingkungan Kecamatan Rupat. Tim yang ada juga melakukan penin­jauan lapangan terutama pada pelaksanaan pelayanan admintrasi terpadu kecamatan (PATEN).

 

Sementara itu Camat Rupat, hanafi SPI,M.Si mengatakan, tetap optimis dapat lolos pada seleksi EKK tingkat Provinsi Riau. "Tidak persiapan khusus dalam seleksi ini. Karena sebelumnya 

sudah disiapkan pada seleksi ditingkat kabupaten dan kami dalam   
mengikuti seleksi ini optimis dapat lolos. Karena, yang dibawa ini adalah nama daerah," ujarnya.

 

Dalam mengikuti rangkaian penilaian itu, sambung Camat Rupat itu lagi, berjalan dengan baik. Karena penilian itu dilakukan secara terbuka. 

 

"Melalui penilaian ini setidaknya dapat memacu dan memotifasi pegawai. Sebab, apa yang dilakukan dipantau dan dinilai oleh orang lain dan pada akhirnya dapat memberikan pelayanan terbaik untuk masayarakat,"terangnya. 

 

Terpisah , Ketua Tim Penilai Provinsi Riau Prof, DR Rahyunir Rauf menjelaskan, sesuai Peraturan Gubernur No.50 tahun 2014, ada empat indiaktor penilaian.

 

Pertama, indikator pendelegasian kewenangan dari Bupati kepada Camat yang disebut dengan tugas delegatif camat. Artinya sejauh mana camat menyelengarakan tugas yang dilimpahkan oleh Bupati.

 

Kedua, tugas umum pemerintahan, kontek pemerintahan disebut tugas atributif camat. Ini melekat pada personal camat itu sendiri.Ketiga, pelaksanaan tugas lain. Artinya tugas di luar atribut dan delegelatif, sifatnya insidentil, di luar pelimpahan wewenang.

 

Keempat, inovasi Camat dalam menyelenggarakan pemerintahan daer­ah. Dan kelima indikator yang ditambah tim penilai, prestasi yang diraih ke camat.

 

Dan untuk tekhnik penilaian, dengan melakukan wawancara terhadap camat, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa ,serta perangkat lainnya yang ada di lingkungan Kecamatan Rupat, menggunakan tekhnik dokumentasi, observasi pengamatan secara langsung di kantor camat.(SR/Uta)

Tulis Komentar