Apel Siaga DALKARHUTLA Di Kecamatan Rupat Tahun 2019

Batu Panjang – Apel Siaga Pengendalian Kebakaran  Hutan dan Lahan telah sukses dilaksanakan di Halaman kantor camat rupat Pada hari Jum’at tanggal 09 Agustus 2019 setelah pelaksanaan upacara Hari Jadi Provinsi Riau yang ke-62.

Kalaksa BPBD Kabupaten Bengkalis (H. Tajul Mudarris) selaku Pembina Apel mengatakan bahwa Apel ini merupakan Apel siaga pertama di Kecamatan Rupat yang telah diintruksikan oleh Gubernur Riau, sehingga Kalaksa BPBD Kabupaten Bengkalis memberikan Apresasi kepada Camat Rupat khususnya, Pemerintah Kecamatan rupat berserta PT. SRL karena Kecamatan Rupat merupakan Kecamatan Pertama yang menggelar Apel Siaga DALKARHUTLA tersebut.

Sebagai mana diketahui sebelummya bahwa Kecamatan Rupat merupakan Kecamatan yang pernah mengalamai bencana Karhutla yang cukup besar pada awal tahun 2019 lalu. Sehingga kecamatan rupat ini menjadi sorotan Indonesia karena bencana tersebut.

“Dalam hal Karhutla ini kita tidak bisa sendiri, BPBD tidak bisa sendiri, harus semuanya bersinergi dan bekerja sama. Untuk itu kami mengucapkan terimakasih kepada pemerinah kecamatan rupat dan PT. SRL, karena ada responnya terhadap bencana-bencana yang terjadi di Pulau Rupat ini.
“ Ujar Tajul Muddaris.

Dalam amanatnya Kalaksa BPBD Bengkalis juga menyampaikan arahan dari Kepala BPBD Pusat (Letnan Jend. Doni Monardo) mengenai bencana Karhutla yang mengatakan bahwa Lebih baik mencegah dari pada memadam.

Apel siaga DALKARHUTLA ini dilaksankan sebagai salah satu langkah untuk menangani masalah Karhutla dari sisi pencegahan yang lebih baik untuk kedepannya.

“Apa yang harus kita lakukan, salah satunya adalah kerja sama antara desa/kelurahan bersama masyarakat yang ada didesanya masing-masing. Sebagai contoh adanya masyarakat Peduli Api, Kelompok Masyarakat peduli Bencana, bekerja sama dengan unsur-unsur desa/kelurahan lainnya mengadakan patroli setiap saat atau memantau khususnya dilahan lahan tidur atau lahan lahan kosong.” Kata Kalaksa BPBD Kabupaten Bengkalis.

“Kita tidak mau lagi terjadi kebakaran seperti di bulan Februari kemarin yang mengguncang semua mata seluruh indonesia ini ke pulau rupat yang terkenal dengan kabut asapnya. Tapi syukur Alhamdulillah periode kedua ini rupat masih nihil. Jadi kami harap mari kita pertahankan itu”. Jelasnya.

Apel tersebut diikuti oleh peserta yang terdiri dari Anggota Polsek Rupat, Anggota Koramil Rupat, Anggota Damkar Kecamatan Rupat, Anggota Damkar PT. SRL, Anggota BPBD Bengkalis, Satpol PP dan Linmas Kecamatan Rupat.

Pada akhir apel dilakukan pemeriksaan Peralatan pemadam kebakaran dan Posko kesehatan oleh Pembina Apel di dampingi Camat Rupat, Kapolsek Rupat, Danramil Rupat, Ketua MUI dan LAMR Kecamatan Rupat, Lurah se- Kecamatan Rupat, beserta Kepala UPT se-kecamatan Rupat dan tamu undangan lainnya.

Tulis Komentar