Memperingati Hari Kesehatan Nasional yang Ke-54 UPT. Puskesmas Kecamatan Rupat Mengadakan Kegiatan Jalan Sehat Minggu Pagi

Batu Panjang - Pagi minggu halaman kantor camat ramai di datangi masyarakat dengan menggunakan setelan olahraga lengkap dengan sepatu sport. Ada yang datang menggunakan sepeda roda dua, Sepeda motor, bahkan dengan mengendarai mobil. Masyarakat berkumpul di halaman kantor camat untuk mengikuti kegiatan jalan sehat minggu pagi yang dilaksanakan oleh UPT. Puskesmas Kecamatan Rupat pada Minggu Pagi tanggal 02 Desember 2018 kemarin.

UPT. Puskesmas melaksanakan kegiatan Jalan Sehat sempena memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke-54 yang jatuh pada tanggal 12 November 2018 lalu. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengingatkan masyarakat betapa pentingnya hidup sehat dan upaya mencegah penyakit.

“Filosofi memperingati setiap kegiatan adalah untuk mengingatkan kita betapa pentingnya kegiatan tersebut, termasuk dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional. Mengapa kita melaksanakan setiap tahun, karena untuk mengingatkan kita, untuk menyadarkan kita bahwa betapa pentingnya kesehatan untuk diri kita, untuk keluarga kita, untuk masyarakat kita.” Ujar Camat Rupat (Hanafi, S.Pi.,M.si).

“mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Kalau sudah sakit orang kaya bisa menjadi miskin, dan orang miskin bisa menjadi melarat untuk menyembuhkan yang sakit.’; Lanjut camat Rupat.

Kegiatan Jalan sehat ini diikuti oleh masyarakat umum yang terdiri dari orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak. Meski dalam keadaan cuaca yang kurang mendukung, namun antusias masyarakat sangat kuat untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Tidak tanggung-tanggung pula, masyarakat jadi lebih bersemangat karena dalam kegiatan ini UPT. Puskesmas juga telah menyediakan berbagai hadiah menarik, yaitu hadiah hiburan yang terdiri dari barang-barang rumah tangga, serta hadiah utama yang terdiri dari kompor gas, dispenser, Magic com, blender, kipas angin, setrika, 1 buah sepeda sport anak, dan 1 buah sepeda sport dewasa.

Dalam rangka kegiatan Jalan Sehat tersebut, Camat rupat juga menyampaikan agar masyarakat bisa CERDIK dalam mengelola kesehatan. Sebagai mana yang diketahui Bahwa CERDIK itu adalah C= Cek Kesehatan Secara Berkala, E= Enyahkan Asap Rokok, R= Rajin beraktifitas Fisik, D= Diet sehat dengan kalori seimbang, I= Istrihat yang cukup, dan K= Kelola stres.

Kepala UPT. Puskesmas (Dr. Dahlia) juga berharap melalui kegiatan ini masyarakat bisa lebih menyadari betapa pentingnya kesehatan serta bisa melakukan kegiatan pencegahan penyakit secara dini seperti salah satunya dengan melakukan kegiatan Jalan Sehat, serta lebih CERDIK dalam mengelola kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Tulis Komentar