Selasa, 22 Maret 2022 | 4:57:37 WIB | Dibaca : 200 Kali

Dialog Kerukunan Umat Beragama Kecamatan Rupat tahun 2022

Editor : AKMAL HAKIM, S.I.Kom - Reporter : AKMAL HAKIM, S.I.Kom - Fotografer : AL MUKLISIN
Dialog Kerukunan Umat Beragama Kecamatan Rupat tahun 2022 Teks foto: Foto Kakanwil Kemenag Provinsi Riau

Rupat - Dialog kerukunan umat beragama yang di buka langsung oleh Kakanwil Kemenag Prov. Riau Dr. H. Mahyudin, MA bertempat di Aula Kantor Camat Rupat, Senin (21 Maret 2022).

Dalam sambutannya, Mahyudin mengatakan pentingnya dilakukan dialog kerukunan umat beragama ini agar kita bisa mengetahui persoalan kerukunan beragama yang terjadi dan menyelesaikannya bersama serta menghindari terjadinya konflik dalam masyarakat.

"Kerukunan harus terjaga dan terawat, salah satunya dengan cara dialog kerukunan. Karena jika kerukunan tidak terjaga maka akan terjadi hal- hal yang tidak diinginkan, seperti konflik antar dan intern umat beragama," pungkas mahyudin.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari tokoh agama, tokoh pemuda lintas agama, tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan lintas agama terdiri dari unsur Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Konghucu, FKUB Bengkalis, Camat Rupat yang diwakili Kasi Perberdayaan Masyarakat Desa dan Kakankemenag Kabupaten Bengkalis,

Selanjutnya, Kakankemenag Bengkalis Khaidir menyebutkan, dialog kerukunan umat beragama merupakan tindak lanjut dari program strategis Kementerian Agama tentang moderasi beragama.

"Terimakasih pak kakanwil dan rombongan yang sudah meluangkan waktu jauh- jauh datang dan Ini merupakan momen yang sangat berharga dalam rangka menciptakan kerukunan umat beragama dalam bingkai NKRI khususnya masyarakat di Rupat ini," ucap Khaidir.

Tampak hadir dalam acara tersebut Kakanwil Kemenag Prvinsi Riau, Kakankemenag Kabupaten Bengkalis, FKUB beserta jajaran, Camat Rupat yang di wakili Kasi PMD, KUA Rupat, MUI Rupat serta tokoh Pemuda, Agama dan tokoh Pendidik.